Thursday, September 17, 2015
#MelawanAsap (Angan-angan)
Buat sensor asap, juga sudah banyak tersedia atau buat sendiri, hubungkan ke microcontroller.
Gunakan arduino versi kecil (nano atau mikro), lengkapi dengan modul gsm untuk berkomunikasi dengan pengontrol (yang bisa diletakkan di semacam kantor pengawas/pengendali kebakaran hutan).
Untuk daya dapat digunakan panel surya kecil (sekaligus pelindung unit dari sinar matahari dan hujan). Kelebihan daya dapat disimpan dengan baterai Li-Ion atau Li-Polymer atau semacam powerbank yang banyak terdapat di pasaran. Baterai ini berfungsi sebagai sumber daya di malam hari.
Unit harus melaporkan status secara berkala, bisa setiap hari atau setiap jam. Informasi yang dilaporkan ke pangendali melewati modul GSM dapat berupa level asap di sekitar unit, suhu (jika ada). Pelaporan ini juga berfungsi sebagai monitor unit itu sendiri. Jika unit tidak melapor maka kemungkinan unit rusak atau dirusak sehingga perlu ada petugas (mungkin dengan beberapa polisi hutan bersenjata) yang mengecek alat tersebut.
Satu unit sensor akan berharga kurang dari satu juta. Hal ini karena modul GSM lebih mahal dari arduino (mikrokontroller). Akan lebih murah jika bisa membuat komunikasi dengan hp GSM/CDMA via AT Command (mungkin bisa, saya belum pernah mencoba kemungkinan yang ini).
Tentu saja tidak hanya satu sensor yang diletakkan di area hutan atau perkebunan. Beberapa sensor diletakkan sedemikian sehigga dapat mendeteksi asap di radius misal 10 km sehingga jarak antara sensor satu dengan lainnya adalah 20 km. Masing-masing sensor dilengkapi dengan identitas unik yang berisi informasi lokasi sensor tersebut sehingga, jika sebuah unit tidak melapor, petugas akan tahu letak unit tersebut di mana.
Unit ini bukan pengganti patroli hutan, lebih seperti alat bantu petugas patroli hutan untuk menunjukkan arah ke area mana yang memerlukan perhatian lebih.
Modul kamera bisa ditambahkan untuk merekam situasi secara realtime, mounting kamera dibuat sedemikian sehingga kamera dapat berputar 360ยบ untuk merekam kondisi sekitar unit. Hal ini berguna untuk mengetahui misal ada oknum yang merusak unit. Tentu saja penambahan sistem kamera semacam ini akan menambah biaya dan menambah beban baterai.
Akan terlalu ambisius misal ditambahkan sistem pemadam kebakaran otomatis, selain karena mahal, juga....., yeah,. .. terlalu ambisius, :D
Wednesday, September 2, 2015
In the middle of the night
Terbangun karena cubitan di bibir
...
Lagi, terbangun karena cubitan di bibir,
dicubit Alfa.
"Ayah, maem nasi"
...
Dicubit lagi, "Ayah, maem nasi".
Bangun, grogi, terhuyung ke dapur, ngelirik jam, setengah duabelas,
hampir tengah malam.
Ambil piring coklat favorit alfa, juga sendok kesukaannya yang berkontur lengkung.
Cukup satu entong.
"Pake kuah mas?".
"ndak, nasi tok".
Susah untuk konsentrasi penuh menyuapi nasi ke mulut Alfa yang kelaparan tapi terlalu ngantuk tuk disuapi sambil duduk, jika terbangun dua menit sebelumnya, di tengah malam, :D.
12 suapan.
"Sudah"
"Minum air putih?"
"iya"
dengan cangkir biru berpegangan dua
"minumnya sambil duduk no"
dia patuh
"ayah letakkan gela di belakang dulu ya?"
"iya"
saat ayah balik Alfa sudah kembali nyenyak, :)
Monday, August 31, 2015
Tadaa... ternyata Rossi menang, horee...
Melewatkan MotoGP semalam (menemani Alfa Beta di 'garasi').
Rossi, Pettrucci, Dovizioso.
Rossi, Pettrucci, Dovizioso.
Friday, August 21, 2015
"Natural" Chord.
By natural, its positioning on the keyboard is unique, oh right then... easy positioning, without touching black tuts.
Of course we already knew three notes "natural" chord
Starting with C chord, a major one, with C-E-G notes, we could shift our fingers positioning to the right (the white keys, we won't touch the black here) and we have Dm and then Em, F, G, Am, Bdim.
Now, add one more note so we have C-E-G-B, yup, thats Cmaj7.
Shift to the right we'll have Dm7, Em7, Fmaj7, G7, Am7 and Bdim7
What about adding fifth note? No problem, we have C-E-G-B-D, the Cmaj9 chord
Again, shift to the right to get Dm9, Em7b9, Fmaj9, G9, Am9, Bdim7b9
Of course we already knew three notes "natural" chord
Starting with C chord, a major one, with C-E-G notes, we could shift our fingers positioning to the right (the white keys, we won't touch the black here) and we have Dm and then Em, F, G, Am, Bdim.
Now, add one more note so we have C-E-G-B, yup, thats Cmaj7.
Shift to the right we'll have Dm7, Em7, Fmaj7, G7, Am7 and Bdim7
What about adding fifth note? No problem, we have C-E-G-B-D, the Cmaj9 chord
Again, shift to the right to get Dm9, Em7b9, Fmaj9, G9, Am9, Bdim7b9
5 am.
After get up.
Grab the phone or tab.
Munching the mother made french fries.
And scrambling to join the wake-up-selfie at the bed, :).
Grab the phone or tab.
Munching the mother made french fries.
And scrambling to join the wake-up-selfie at the bed, :).
Tuesday, August 18, 2015
Ini Akkord C7/9, C9 atau Cadd9?
Di beberapa "buku lagu beserta kunci", terdapat kunci-kunci "tidak standar" semacam Cadd9, sangat sering, tapi tidak sesering C7.
Yang kurang sering adalah Cmaj7, kecuali di lagu-lagu yang agak nge-jazz.
Yang langka di buku-buku lagu yang kita lihat di toko buku adalah kunci-kunci semacam C7#9, hehehe...
Bagaimana pembentukan kunci-kunci sehingga mendapatkan nama demikian? Well, lumayan mudah, setidaknya jika kita menggunakan keyboard.
(tapi juga bukan keyboard aneh macam gini, :D )
Tentu kita harus tahu, (dan mungkin sudah tahu) bahwa kunci C terdiri dari tiga nada C E G, mudah sekali di keyboard, tiga tuts putih, dimulai dari C (tuts putih di sebelah kiri dua tuts hitam), dua nada berikutnya di kanan tuts pertama, masing-masing berjarak satu tuts putih, tak perlu menekan tombol hitam, :)
OK, tambahkan satu nada lagi, nada B, (jarak satu tuts lagi, :) ), nah, sekarang kita punya kunci Cmaj7, akkord empat nada
Tambahkan satu nada lagi, nada d, sekarang kita punya kunci Cmaj9, sebuah akkord/kunci dengan lima nada
Bagaimana jika kita tambahkan satu lagi, nada f, kita akan mendengar kunci Cmaj11 (enam nada). Di beberapa teori musik, Cmaj11 hanya memiliki lima nada, dengan menghilangkan nada d. Artinya Cmaj7 akan menjadi kunci Cmaj11 jika kita tambahkan nada f (nada ke 11).
Hal yang sama bisa kita lakukan dengan menambahkan kunci Cmaj7 dengan nada a (nada ke13) untuk membentuk kunci Cmaj13.
Sama seperti akkord Cmaj11, akkord Cmaj13 bisa memiliki nada d ataupun tidak. (nanti akan bepengaruh pada altered akkord, nanti...:P )
Bagaimana dengan C7, C9, C11, C13? Kita bisa mendapatkan itu dari kunci sebelumnya, dengan menggeser nada maj7 sehingga menjadi nada 7, nada yang mana? Nada B, geser dia menjadi Bb (bes, tuts hitam di kiri B). Semua kunci maj kita sekarang kehilangan "maj" di namanya, :)
Bagaimana dengan Cm7, Cm9, Cm11, Cm13? Tinggal geser nada ketiga, E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E). Kunci C7 kita akan otomatis jadi Cm7, begitu juga dengan 9,11,13
Eh, ada lagi, CmMaj7, CmMaj9, CmMaj11, CmMaj13? Itu adalah kunci Cmaj7 dengan nada ketiga diturunkan setengah, yaitu nada E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E)
Apa beda C9 dengan Cadd9? C9 adalah kunci C7 dengan tambahan nada ke 9 (d), sedangkan Cadd9 adalah kunci C dengan tambahan nada ke 9 (d). Jika kunci C9 memiliki nada C E G Bb d, kunci Cadd9 memiliki nada C E G d.
(Altered Chord)
Bagaimana dengan kunci C7#9, itu adalah kunci C9 (atau bisa dilihat sebagai C7) tetapi dengan nada ke sembilan (d) dinaikkan setengah, menjadi d# (dis, tuts hitam di kanan d)
C7b5, adalah kunci C9 dengan nada ke lima (G) diturunkan setengah nada, menjadi Gb (Ges, tuts hitam di kiri G)
Dengan cara yang sama kita bisa melihat C7b9b5 sebagai C7 dengan nada ke-9 (d) dan ke-5 (G) diturunkan setengah , menjadi db dan Gb. Juga berbagai variasi altered chord (akkord peralihan) lain, semacam C7#9b5, C7#9#5.
Jika sudah terbiasa dengan notasi kunci tersebut, kita akan dengan mudah membaca kunci-kunci peralihan lain semacam Cmaj9#11 atau Cmaj7#11
Variasi penulisan lain biasaya adalah C7/9 atau C7/9/#11
Kebanyakan kunci-kunci peralihan tersebut berbunyi parau atau fals atau "terdengar salah", sehingga hanya digunakan untuk mendapatkan efek dramatis (seperti di film-film horor) atau sebagai pengantar untuk menuju akkord yang lebih manis (seperti Cmaj7 atau Cm7) atau akkord ending yang melayang seperti Cmaj9.
Yang kurang sering adalah Cmaj7, kecuali di lagu-lagu yang agak nge-jazz.
Yang langka di buku-buku lagu yang kita lihat di toko buku adalah kunci-kunci semacam C7#9, hehehe...
Bagaimana pembentukan kunci-kunci sehingga mendapatkan nama demikian? Well, lumayan mudah, setidaknya jika kita menggunakan keyboard.
(tapi juga bukan keyboard aneh macam gini, :D )
Tentu kita harus tahu, (dan mungkin sudah tahu) bahwa kunci C terdiri dari tiga nada C E G, mudah sekali di keyboard, tiga tuts putih, dimulai dari C (tuts putih di sebelah kiri dua tuts hitam), dua nada berikutnya di kanan tuts pertama, masing-masing berjarak satu tuts putih, tak perlu menekan tombol hitam, :)
OK, tambahkan satu nada lagi, nada B, (jarak satu tuts lagi, :) ), nah, sekarang kita punya kunci Cmaj7, akkord empat nada
Tambahkan satu nada lagi, nada d, sekarang kita punya kunci Cmaj9, sebuah akkord/kunci dengan lima nada
Bagaimana jika kita tambahkan satu lagi, nada f, kita akan mendengar kunci Cmaj11 (enam nada). Di beberapa teori musik, Cmaj11 hanya memiliki lima nada, dengan menghilangkan nada d. Artinya Cmaj7 akan menjadi kunci Cmaj11 jika kita tambahkan nada f (nada ke 11).
Hal yang sama bisa kita lakukan dengan menambahkan kunci Cmaj7 dengan nada a (nada ke13) untuk membentuk kunci Cmaj13.
Sama seperti akkord Cmaj11, akkord Cmaj13 bisa memiliki nada d ataupun tidak. (nanti akan bepengaruh pada altered akkord, nanti...:P )
Bagaimana dengan C7, C9, C11, C13? Kita bisa mendapatkan itu dari kunci sebelumnya, dengan menggeser nada maj7 sehingga menjadi nada 7, nada yang mana? Nada B, geser dia menjadi Bb (bes, tuts hitam di kiri B). Semua kunci maj kita sekarang kehilangan "maj" di namanya, :)
Bagaimana dengan Cm7, Cm9, Cm11, Cm13? Tinggal geser nada ketiga, E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E). Kunci C7 kita akan otomatis jadi Cm7, begitu juga dengan 9,11,13
Eh, ada lagi, CmMaj7, CmMaj9, CmMaj11, CmMaj13? Itu adalah kunci Cmaj7 dengan nada ketiga diturunkan setengah, yaitu nada E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E)
Apa beda C9 dengan Cadd9? C9 adalah kunci C7 dengan tambahan nada ke 9 (d), sedangkan Cadd9 adalah kunci C dengan tambahan nada ke 9 (d). Jika kunci C9 memiliki nada C E G Bb d, kunci Cadd9 memiliki nada C E G d.
(Altered Chord)
Bagaimana dengan kunci C7#9, itu adalah kunci C9 (atau bisa dilihat sebagai C7) tetapi dengan nada ke sembilan (d) dinaikkan setengah, menjadi d# (dis, tuts hitam di kanan d)
C7b5, adalah kunci C9 dengan nada ke lima (G) diturunkan setengah nada, menjadi Gb (Ges, tuts hitam di kiri G)
Dengan cara yang sama kita bisa melihat C7b9b5 sebagai C7 dengan nada ke-9 (d) dan ke-5 (G) diturunkan setengah , menjadi db dan Gb. Juga berbagai variasi altered chord (akkord peralihan) lain, semacam C7#9b5, C7#9#5.
Jika sudah terbiasa dengan notasi kunci tersebut, kita akan dengan mudah membaca kunci-kunci peralihan lain semacam Cmaj9#11 atau Cmaj7#11
Variasi penulisan lain biasaya adalah C7/9 atau C7/9/#11
Kebanyakan kunci-kunci peralihan tersebut berbunyi parau atau fals atau "terdengar salah", sehingga hanya digunakan untuk mendapatkan efek dramatis (seperti di film-film horor) atau sebagai pengantar untuk menuju akkord yang lebih manis (seperti Cmaj7 atau Cm7) atau akkord ending yang melayang seperti Cmaj9.
Friday, August 14, 2015
Evolusi Jari
Saya termasuk terlambat mengenal gitar, akhir kelas satu smp, naik ke kelas dua.
Dari uang saku dari sunat, jadilah satu gitar akustik merek 'lain', :). Belum bisa beli semacam Yamaha atau Osmond atau entah apa merek terkenal lain.
Tentu saja sekalian buku "cara cepat bermain gitar" dan buku "mudah bermain gitar".
Buku yang membuat kecewa.
Tentu saja setelah beli gitar saya pengin segera gitaran sambil nyanyi lagu-lagu keren sambil nogkrong di teras rumah, dan berharap dua buah buku gitar bisa membantu.
Sejak kecil saya terbantu oleh buku, saya telah hafal isi tiap buku di perpustakaan SD, kecil sih.
Perpustakaan SMP sudah terjelajahi di caturwulan kedua kelas satu.
Tapi dua buku ini tidak mengajari saya nggitar sambil nyanyi. (Harusnya buku Pintar Gitar membuat pembacanya bisa bermain gitar. Harusnya... )
Buku ini memperkenalkan nama bagian-bagian gitar, memang penting, tapi tidak bagiku.
Buku ini mengajari langkah-langkah "menyetem" gitar, tunggu dulu, oh, ternyata namanya "menyetem", bukannya "menyetel", hehehe...; tetap saja meski gitar sudah tidak fals, tetap saja tidak bisa nyanyi.
Tiga perempat bagian buku berikutnya berisi kunci-kunci gitar, what the...
Ok, kusimpulkan sendiri, untuk nyanyi perlu nada, untuk iringan perlu akkord, kunci gitar termasuk dalam akkord. Yup, terjunlah saya.
Hafal kunci dari C hingga B, mayor, minor, diminished, maupun tujuh (7 maupun maj7) beserta aneka alternatif bentuknya, nun jauh di dekat putaran senar sana hingga tinggi mencekik leher gitar. Bahkan bapak yang tidak ngerti musik menyarankan bentuk penjariaan yang sama sekali lain dari yang diajarkan di buku. Penjarian a la bapak, yang kupakai hingga sekarang, lebih praktis dan cepat pindah dari sebuah akord keriting ke akkord keriting lain, :)
Sekarang sudah lancar kunci, sekarang apa? Kenapa tetap tidak bisa nyanyi?
Tunggu, tak adakah contoh lagu beserta kunci di buku gitar? Ada tentu saja, tapi tidak masuk akal bagi saya saat itu. Lagu Bengawan Solo dengan kunci Cmaj7 dan G7 terasa fals. Ada lagu entah apa dengan kunci yang enak tanpa 7 tapi masalahnya adalah saya tak tahu lagunya itu bagaimana.
Bagi saya, kelemahan dua buku gitar itu adalah: memiliki daftar lengkap kunci tanpa menunjukkan cara pemakaian kunci-kunci tersebut dalam konteks lagu.
(Kelemahan ini, bagi saya "terhapus" di buku seri Its Easy to Bluff dari Joe Bennet, semua serinya, Jazz, Blues, Metal, Rock, memiliki kunci yang khas dan masing-masing bentuk disertai dengan penerapannya pada lagu, ide me/odi dan "sikap tubuh yang keren" saat memainkan kunci tersebut)
Kelemahan lain adalah tidak disertai ide harmoni untuk melodi. Agak susah untuk menjelaskan, semacam jika kuncinya ini, melodinya harus jatuh di nada ini, atau ini, atau jika ingin ngejazz, jatuhkan di sini, atau tambahkan sedikit disonansi sebelum masuk ketukan berikutnya, ... .
( Saya juga baru tahu beberapa tahun setelah itu, saat menemukan buku kuno tahun 80-an berjudul Gitar Tunggal. Buku yang menjelaskan akkord parsial, bahwa kunci bisa disiratkan dengan dua nda saja, atau satu nada jika sudah ada pemain bass. Juga menjelaskan tentang melodi dengan nada lebih dari satu secara bersamaan. )
Solusi datang tak terduga. Salah satu band junior di ekstrakurikuler musik di SMP membutuhkan gitaris baru, yang bisa memainkan kunci gitar. Tentu saja karena syaratnya bisa memainkan kunci gitar (bukan nyanyi), dari serombongan yang daftar, saya terpilih.
Dan gitarku mulai bernyanyi, gitar rhythm, :)
Masalah baru, bagaimana agar bisa menyanyi dengan gitar akustik?
Jawaban muncul dalam bentuk gitaris melodi di band baruku. Toni, (mungkin sekarang sudah jadi guru di Donomulyo Malang, atau di daerah Malang Selatan dekat-dekat situ), datang dengan dua lembar kertas berisi lagu Haleluya dan Ku tak Pandang, entah judul aslinya apa, kami menyebut dua lagu itu dengan nama demikian.
Dari dua lagu tersebut berkembang ke lagu-lagu Iwan Fals, Toni terpengaruh kakak-kakaknya yang fanatik sama Iwan Fals, mungkin malah anggota OI. Tanpa sadar gitarku mulai bersuara merdu dan "bisa didengarkan", :)
Tambah lagi seseorang bernama Lilik, (sekarang di daerah Laju Ngantang, :) ), dengan lagu-lagu malaysia, lagu-lagu semacam 'Mungkinkah' dari Stinky dan lagu-lagu "anak muda" saat itu.
Sementara di malam hari, jam 10, saya berkutat dengan "tembang kenangan" di salah satu gelombang radio, mengasah feel dan pendengaran, mencari kunci-kunci untuk lagu semacam koes plus, panbers, the mercys, lagu-lagu semacam "kasih", "mawar berduri"
Kunci? Oh iya, dari bejibun kunci yang kukuasai, hanya kunci mayor dan minor dasar yang terpakai. Sesekali kunci C7 dipakai sesaat untuk masuk ke kunci F.
Dan SMPku berlalu dengan gitar yang sudah bisa bernyanyi.
Gitarku saat SMU diisi dengan lebih banyak tembang-tembang kenangan di radio jam 10 malam karena lagu "anak muda" tidak begitu banyak yang baru saat itu.
Membentuk band sisa-sisa band masa SMP yang masuk SMU yang sama, plus tambahan drummer dari teman baru saat SMU.
Babon Band memiliki sisi ganda, dengan vokalis perempuan membawakan lagu-lagu yang sedang populer saat itu. Bersama vokalis laki-laki membawakan lagu-lagu rock, yang tidak harus lagu yang sedang populer saat itu.
Lagu-lagu dari band semacam Boomerang, Jamrud, Guns n Roses, Power Metal ternyata lumayan mudah jika sudah tahu caranya. Kuncinya hanya PowerChord, cuma dua nada, tak perlu pusing meributkan mayor atau minor. Yang jadi tantangan adalah melodi di tengah lagu, biasanya setelah reff. Melodi ini yang bisa menjadikan sebuah band mendapat julukan 'keren'; jika bisa menirukan melodi lagu rumit sesuai aslinya. Biasanya yang melibatkan "tapping" "harmonik" atau "divebomb" hampir selalu masuk kategori keren. Dan itu mudah, taping hanyalah akkord yang dibunyikan dalam satu senar, harmonik (pinched, natural, artificial) juga gampang (natural agak sulit jika kita main lagu dengan nada dasar yang beda dengan lagu aslinya). Divebomb adalah natural harmonik apapun yang ditukikkan dengan tremolo (tentu saja harus punya tremolo bar).
Di akhir SMU ada tantangan baru, diajak masuk band keroncong. Agak rumit, karena gitar berfungsi sebagai melodi yang terus menerus sepanjang lagu. Bisa sangat bosan atau kehabisan ide, :). Sisi menariknya adalah, lagu-lagu keroncong banyak menggunakan kunci 7 di sana sini.
Kesempatan untuk menggunakan semua kunci akhirny datang di masa kuliah. Ketika diajak masuk DoReMi, sebuah band komunitas, membawakan lagu-lagu oldies, di nikahan dan kafe-kafe, juga di acara semacam malam tahun baru atau inaugurasi kampus.
Awal gabung langsung shock saat disodori lagu dengan kunci Cmaj7. Bahkan hampir semua lagu memiliki ending maj7. Di lagu-lagu kLA banyak menggunakan kunci diminished seperti Bdim. Toh lama-lama terbiasa. Hampir semua kunci minor di lagu-lagu band ini menggunakan minor7; Am7, Dm7.
Lagu-lagu rancak di Maroon 5 dimodif sehingga sebelum Am ada E7/11. Killing me softly menggunakan F/G setelah Dm7 (yang secara formal disebut kunci G7/9/11).
Bahkan beberapa lagu band, diawali dengan kunci G7#9, kunci yang bikin sound engineer saat rekaman kalangkabut karena dikira ada sesuatu yang error atau gitar studionya gak stem. (Akhirnya mas-nya bernapas lega juga setelah memberanikan diri memastikan "Mas, memang suara awal gitarnya sengaja nyisih gini ya?" [sepertinya tak sampai hati tuk bilang "fals" :D ] )
Dan ketika gitaran sendiri, jika dulu jari-jari otomatis membentuk kunci C, sekarang otomatis membentuk kunci Cmaj9 atau D7#9. Sekilas nampak keren, namun di situasi dimana saya sedang check sound, reaksi pertama secara umum adalah "itu gitarnya sudah stem kah? Stem dulu!", :)
Akhirnya, jerih payah akrobat jari saat SMP ada gunanya juga.
(NB: buku-buku "cepat/mahir/pintar/mudah bermain gitar" yang ada saat ini sepertinya lebih tepat kalo diberi judul "Kamus Kunci Gitar. [bonus: lagu-lagu populer beserta kuncinya]" )
Dari uang saku dari sunat, jadilah satu gitar akustik merek 'lain', :). Belum bisa beli semacam Yamaha atau Osmond atau entah apa merek terkenal lain.
Tentu saja sekalian buku "cara cepat bermain gitar" dan buku "mudah bermain gitar".
Buku yang membuat kecewa.
Tentu saja setelah beli gitar saya pengin segera gitaran sambil nyanyi lagu-lagu keren sambil nogkrong di teras rumah, dan berharap dua buah buku gitar bisa membantu.
Sejak kecil saya terbantu oleh buku, saya telah hafal isi tiap buku di perpustakaan SD, kecil sih.
Perpustakaan SMP sudah terjelajahi di caturwulan kedua kelas satu.
Tapi dua buku ini tidak mengajari saya nggitar sambil nyanyi. (Harusnya buku Pintar Gitar membuat pembacanya bisa bermain gitar. Harusnya... )
Buku ini memperkenalkan nama bagian-bagian gitar, memang penting, tapi tidak bagiku.
Buku ini mengajari langkah-langkah "menyetem" gitar, tunggu dulu, oh, ternyata namanya "menyetem", bukannya "menyetel", hehehe...; tetap saja meski gitar sudah tidak fals, tetap saja tidak bisa nyanyi.
Tiga perempat bagian buku berikutnya berisi kunci-kunci gitar, what the...
Ok, kusimpulkan sendiri, untuk nyanyi perlu nada, untuk iringan perlu akkord, kunci gitar termasuk dalam akkord. Yup, terjunlah saya.
Hafal kunci dari C hingga B, mayor, minor, diminished, maupun tujuh (7 maupun maj7) beserta aneka alternatif bentuknya, nun jauh di dekat putaran senar sana hingga tinggi mencekik leher gitar. Bahkan bapak yang tidak ngerti musik menyarankan bentuk penjariaan yang sama sekali lain dari yang diajarkan di buku. Penjarian a la bapak, yang kupakai hingga sekarang, lebih praktis dan cepat pindah dari sebuah akord keriting ke akkord keriting lain, :)
Sekarang sudah lancar kunci, sekarang apa? Kenapa tetap tidak bisa nyanyi?
Tunggu, tak adakah contoh lagu beserta kunci di buku gitar? Ada tentu saja, tapi tidak masuk akal bagi saya saat itu. Lagu Bengawan Solo dengan kunci Cmaj7 dan G7 terasa fals. Ada lagu entah apa dengan kunci yang enak tanpa 7 tapi masalahnya adalah saya tak tahu lagunya itu bagaimana.
Bagi saya, kelemahan dua buku gitar itu adalah: memiliki daftar lengkap kunci tanpa menunjukkan cara pemakaian kunci-kunci tersebut dalam konteks lagu.
(Kelemahan ini, bagi saya "terhapus" di buku seri Its Easy to Bluff dari Joe Bennet, semua serinya, Jazz, Blues, Metal, Rock, memiliki kunci yang khas dan masing-masing bentuk disertai dengan penerapannya pada lagu, ide me/odi dan "sikap tubuh yang keren" saat memainkan kunci tersebut)
Kelemahan lain adalah tidak disertai ide harmoni untuk melodi. Agak susah untuk menjelaskan, semacam jika kuncinya ini, melodinya harus jatuh di nada ini, atau ini, atau jika ingin ngejazz, jatuhkan di sini, atau tambahkan sedikit disonansi sebelum masuk ketukan berikutnya, ... .
( Saya juga baru tahu beberapa tahun setelah itu, saat menemukan buku kuno tahun 80-an berjudul Gitar Tunggal. Buku yang menjelaskan akkord parsial, bahwa kunci bisa disiratkan dengan dua nda saja, atau satu nada jika sudah ada pemain bass. Juga menjelaskan tentang melodi dengan nada lebih dari satu secara bersamaan. )
Solusi datang tak terduga. Salah satu band junior di ekstrakurikuler musik di SMP membutuhkan gitaris baru, yang bisa memainkan kunci gitar. Tentu saja karena syaratnya bisa memainkan kunci gitar (bukan nyanyi), dari serombongan yang daftar, saya terpilih.
Dan gitarku mulai bernyanyi, gitar rhythm, :)
Masalah baru, bagaimana agar bisa menyanyi dengan gitar akustik?
Jawaban muncul dalam bentuk gitaris melodi di band baruku. Toni, (mungkin sekarang sudah jadi guru di Donomulyo Malang, atau di daerah Malang Selatan dekat-dekat situ), datang dengan dua lembar kertas berisi lagu Haleluya dan Ku tak Pandang, entah judul aslinya apa, kami menyebut dua lagu itu dengan nama demikian.
Dari dua lagu tersebut berkembang ke lagu-lagu Iwan Fals, Toni terpengaruh kakak-kakaknya yang fanatik sama Iwan Fals, mungkin malah anggota OI. Tanpa sadar gitarku mulai bersuara merdu dan "bisa didengarkan", :)
Tambah lagi seseorang bernama Lilik, (sekarang di daerah Laju Ngantang, :) ), dengan lagu-lagu malaysia, lagu-lagu semacam 'Mungkinkah' dari Stinky dan lagu-lagu "anak muda" saat itu.
Sementara di malam hari, jam 10, saya berkutat dengan "tembang kenangan" di salah satu gelombang radio, mengasah feel dan pendengaran, mencari kunci-kunci untuk lagu semacam koes plus, panbers, the mercys, lagu-lagu semacam "kasih", "mawar berduri"
Kunci? Oh iya, dari bejibun kunci yang kukuasai, hanya kunci mayor dan minor dasar yang terpakai. Sesekali kunci C7 dipakai sesaat untuk masuk ke kunci F.
Dan SMPku berlalu dengan gitar yang sudah bisa bernyanyi.
Gitarku saat SMU diisi dengan lebih banyak tembang-tembang kenangan di radio jam 10 malam karena lagu "anak muda" tidak begitu banyak yang baru saat itu.
Membentuk band sisa-sisa band masa SMP yang masuk SMU yang sama, plus tambahan drummer dari teman baru saat SMU.
Babon Band memiliki sisi ganda, dengan vokalis perempuan membawakan lagu-lagu yang sedang populer saat itu. Bersama vokalis laki-laki membawakan lagu-lagu rock, yang tidak harus lagu yang sedang populer saat itu.
Lagu-lagu dari band semacam Boomerang, Jamrud, Guns n Roses, Power Metal ternyata lumayan mudah jika sudah tahu caranya. Kuncinya hanya PowerChord, cuma dua nada, tak perlu pusing meributkan mayor atau minor. Yang jadi tantangan adalah melodi di tengah lagu, biasanya setelah reff. Melodi ini yang bisa menjadikan sebuah band mendapat julukan 'keren'; jika bisa menirukan melodi lagu rumit sesuai aslinya. Biasanya yang melibatkan "tapping" "harmonik" atau "divebomb" hampir selalu masuk kategori keren. Dan itu mudah, taping hanyalah akkord yang dibunyikan dalam satu senar, harmonik (pinched, natural, artificial) juga gampang (natural agak sulit jika kita main lagu dengan nada dasar yang beda dengan lagu aslinya). Divebomb adalah natural harmonik apapun yang ditukikkan dengan tremolo (tentu saja harus punya tremolo bar).
Di akhir SMU ada tantangan baru, diajak masuk band keroncong. Agak rumit, karena gitar berfungsi sebagai melodi yang terus menerus sepanjang lagu. Bisa sangat bosan atau kehabisan ide, :). Sisi menariknya adalah, lagu-lagu keroncong banyak menggunakan kunci 7 di sana sini.
Kesempatan untuk menggunakan semua kunci akhirny datang di masa kuliah. Ketika diajak masuk DoReMi, sebuah band komunitas, membawakan lagu-lagu oldies, di nikahan dan kafe-kafe, juga di acara semacam malam tahun baru atau inaugurasi kampus.
Awal gabung langsung shock saat disodori lagu dengan kunci Cmaj7. Bahkan hampir semua lagu memiliki ending maj7. Di lagu-lagu kLA banyak menggunakan kunci diminished seperti Bdim. Toh lama-lama terbiasa. Hampir semua kunci minor di lagu-lagu band ini menggunakan minor7; Am7, Dm7.
Lagu-lagu rancak di Maroon 5 dimodif sehingga sebelum Am ada E7/11. Killing me softly menggunakan F/G setelah Dm7 (yang secara formal disebut kunci G7/9/11).
Bahkan beberapa lagu band, diawali dengan kunci G7#9, kunci yang bikin sound engineer saat rekaman kalangkabut karena dikira ada sesuatu yang error atau gitar studionya gak stem. (Akhirnya mas-nya bernapas lega juga setelah memberanikan diri memastikan "Mas, memang suara awal gitarnya sengaja nyisih gini ya?" [sepertinya tak sampai hati tuk bilang "fals" :D ] )
Dan ketika gitaran sendiri, jika dulu jari-jari otomatis membentuk kunci C, sekarang otomatis membentuk kunci Cmaj9 atau D7#9. Sekilas nampak keren, namun di situasi dimana saya sedang check sound, reaksi pertama secara umum adalah "itu gitarnya sudah stem kah? Stem dulu!", :)
Akhirnya, jerih payah akrobat jari saat SMP ada gunanya juga.
(NB: buku-buku "cepat/mahir/pintar/mudah bermain gitar" yang ada saat ini sepertinya lebih tepat kalo diberi judul "Kamus Kunci Gitar. [bonus: lagu-lagu populer beserta kuncinya]" )
Subscribe to:
Posts (Atom)
My sky is high, blue, bright and silent.
Nugroho's (almost like junk) blog
By: Nugroho Adi Pramono
323f
(5)
amp
(1)
android
(12)
apple
(7)
arduino
(18)
art
(1)
assembler
(21)
astina
(4)
ATTiny
(23)
blackberry
(4)
camera
(3)
canon
(2)
cerita
(2)
computer
(106)
crazyness
(11)
debian
(1)
delphi
(39)
diary
(286)
flash
(8)
fortran
(6)
freebsd
(6)
google apps script
(8)
guitar
(2)
HTML5
(10)
IFTTT
(7)
Instagram
(7)
internet
(12)
iOS
(5)
iPad
(6)
iPhone
(5)
java
(1)
javascript
(1)
keynote
(2)
LaTeX
(6)
lazarus
(1)
linux
(29)
lion
(15)
mac
(28)
macbook air
(8)
macbook pro
(3)
macOS
(1)
Math
(3)
mathematica
(1)
maverick
(6)
mazda
(4)
microcontroler
(35)
mountain lion
(2)
music
(37)
netbook
(1)
nugnux
(6)
os x
(36)
php
(1)
Physicist
(29)
Picture
(3)
programming
(189)
Python
(109)
S2
(13)
software
(7)
Soliloquy
(125)
Ubuntu
(5)
unix
(4)
Video
(8)
wayang
(3)
yosemite
(3)